Cara Mencari dan Membuat Judul Skripsi [Panduan Lengkap]



Cara Mencari Judul Skripsi sampai pada membuatnya. Siapa nih yang lagi pusing mikirin skripsi? Nggak apa-apa, wajar kok. Apalagi bila kamu tergolong mahasiswa semester akhir. 

Memang sudah waktunya untuk memikirkan dan mengerjakan skripsi. Tergolong karya tulis ilmiah, skripsi adalah jenis tulisan yang dijadikan sebagai tugas akhir dan syarat kelulusan mahasiswa. 

Jadi kalau belum mengerjakan skripsi, maka kamu nggak akan bisa wisuda dan lulus. 

Tapi nggak jarang, proses pengerjaan skripsi itu susah. Bahkan beberapa mahasiswa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Lantaran skripsi emang memerlukan tenaga, pikiran, finansial, dan kesiapan mental.

Langkah-langkah Mencari Judul Skripsi

artikel ini akan fokus pada masalah eksternal yang dihadapi mahasiswa saat menulis skripsi. 

Faktor eksternal yang akan dikulik lebih dalam adalah kesulitan mencari judul skripsi atau lebih tepatnya menentukan topik skripsi. 

Biar kamu nggak bingung-bingung lagi nih saat mencari topik skripsi, coba ikuti langkah berikut ini deh.

1. Paling pertama, kenali minat dan ketertarikanmu

Langkah pertama ini sangatlah penting. Kamu nggak akan bisa mengerjakan skripsi kalau nggak tau apa yang sukai atau minati!. 

Minat dan ketertarikan menjadi faktor besar dalam proses pengerjaan skripsi. selain itu, kalau kamu menulis skripsi yang sesuai dengan ketertarikanmu selama ini maka proses penyelesaian skripsi makin mudah lo. Soalnya kamu mengerjakan apa yang kamu sukai. 

Jadi mulai sekarang, coba pikirkan topik kuliah apa yang paling kamu sukai Tanyakan pada dirimu berkali-kali. 

Contohnya nihh, ada mahasiswa bernam Alia. ia jurusan Manajemen di sebuah universitas terkemuka. Selama kuliah, ia paling suka dengan topik manajemen media. Makanya saat mengambil skripsi, ia mengangkat topik manajemen media. Penelitian skripsinya berhubungan dengan manajemen media Tempo. 

Selain mempertimbangkan minat dan ketertarikan, kamu juga harus memikirkan sisi menarik dari topik yang kamu pilih. Jadi bukan asal tertarik saja, ya. Kamu pun perlu mempertimbangkan urgensi dan sisi menarik dari topik tersebut. 

Sehingga ketika kamu berdiskusi dengan dosen pembeimbing, kamu bisa menyakinkannya kalau topik tersebut memang layak untuk diteliti. Hal ini juga memudahkanmu nanti saat ujian seminar proposal maupun ujian komprehensif. Kamu nggak perlu bingung lagi ketika alasan memilih topik tersebut.

2. Selalu mencari informasi terbaru

Langkah selanjutnya agar mudah mencari topik skripsi adalah selalu update informasi terbaru. Ini menjadi salah satu kunci untuk membuat judul yang menarik. 

Dari isu dan fenomena terbaru, kamu bisa menemukan topik-topik yang menarik untuk diteliti. Tapi hati-hati terjebak banyak nya informasi, ya. 

Semacam dilema nih, banyak informasi juga membuat kebingungan karena kamu akan semakin ragu dan bimbang memilih topik yang mana. 

Terpenting, dari banyak informasi yang baru, kamu perlu mengerucutkan semua informasi menjadi beberapa isu.


Next :

1    2    3

Post a Comment

0 Comments